Telah dilaksanakan Pandhawa X Bisikin X CP Show tentang ECOCIDE: Menindak Kejahatan Lingkungan yang Tak Kunjung Terselesaikan pada hari Rabu, 26 Juli 2023.

Apa itu Ecocide?

Ecocide diambil dari bahasa Latin yakni oeco (lingkungan hidup) dan caedere artinya pembunuhan/pemusnahan. Maka, ecocide ialah pemusnahan sebuah habitat dari lingkungan hidup yang dilakukan oleh manusia.

Ecocide dan Kapitalisme

Kapitalisme yang berlangsung pada saat ini sudah melahirkan ecocide. Eksploitasi sumber daya alam membuat kerusakan lingkungan yang luas, berdampak bukan hanya pada flora dan fauna, tetapi juga manusia. Di Indonesia, misalnya lumpur panas Lapindo Brantas di Sidoarjo, Wadas, kebakaran hutan Kalimantan dan Sumatera, Bendungan Koto Panjang menenggelamkan ribuan kilometer persegi area hutan dan perkampungan masyarakat adat Sumatra Barat, dan masih banyak yang lainnya.

Mengapa Kita Membutuhkan Undang-Undang Tentang Ecocide?

Mindset tentang lingkungan dan bumi, bahwa lingkungan menjadi salah satu hal yang sangat sering membuat kita bingung bagaimana sebenarnya. Maka dari itu, perlu adanya evaluasi terhadap isu lingkungan yang masih menjadi boomerang. Ecocide merupakan salah satu pelanggaran HAM berat, dimana hingga saat ini belum ada hukum perlindungan bumi yang mengikat secara hukum di tingkat internasional.

Kegagalan memasukkan ecocide dalam Statuta Roma (1998), sebagai kejahatan terhadap perdamaian dan keamanan manusia yang berdiri sendiri, seperti empat kejahatan internasional lainnya: genosida, kejahatan melawan kemanusiaan, kejahatan perang, dan kejahatan agresi. Pada akhirnya kejahatan lingkungan masuk sebagai kejahatan perang. Artinya, individu, kelompok, dan perusahaan yang digerakkan oleh keuntungan dapat merusak ekosistem dan komunitas tanpa takut dituntut. Masing- masing negara memiliki undang-undang dan peraturan lingkungan di tingkat nasional dan lokal, tetapi sering dilanggar.

Intip Perjuangan Melawan Ecocide!

1. Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI)

WALHI merupakan sebuah organisasi lingkungan sebuah gerakan lingkungan hidup terbesar di Indonesia unsur non pemerintahan.

2. Campaign melalui sosial media

@sukoharjo.melawan.baubusuk merupakan official account instagram yang memperjuangkan dan melawan kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh PT RUM.

Dan masih banyak hal lainnya.

“Menyelamatkan alam dimulai dari satu langkah kecil dari dalam diri.”

Kerja sama dan kolaborasi antar elemen sangat diperlukan. Selamatkan alam, tuntaskan ecocide!

Simak Pembahasan selengkapnya:

https://bit.ly/notulensiforumdiskusiecocide

https://bit.ly/recordzoomforumdiskusiecocide