Telah dilaksanakan Forum Konsolidasi #3 tentang Info Kabar Terkini Fasilitas dan Tarif Layanan pada hari Senin, 16 Oktober 2023.

Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sumber Daya FMIPA UNY telah menjabarkan beberapa janji untuk meningkatkan fasilitas dan pelayanan di kampus. Ini mencakup progres jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Progres jangka pendek melibatkan pembangunan lift, pembaruan kursi, dispenser air minum, dan pembangunan ruang sidang/rapat baru. Program jangka menengah mencakup pembaruan alat-alat dan bahan-bahan setiap tahun. Adapun progres jangka panjang melibatkan pembicaraan terkait pembangunan gelanggang ormawa baru.

Berdasarkan diskusi forum terkait ke-resahan dari tiap ormawa dan mahasiswa FMIPA, hampir setiap departemen dan ormawa mengeluhkan kembali per- masalahan yang sama yaitu terkait sarana dan prasarana. Terkait layanan alat instrumen di laboratorium FMIPA, adanya isu rencana kenaikan tarif layanan untuk alat penelitian dan peminjaman keluar Civitas Akademika FMIPA UNY dengan alasan rasa kekhawatiran terhadap tarif alat dan bahan dengan harga yang murah dibandingkan di universitas lain.

Berdasarkan diskusi terkait arah gerak dalam menanggapi isu-isu, terdapat beberapa keresahan diantaranya terkait komersialisasi pendidikan, permasalahan UKT, dan transparansi dana. Meskipun sudah ada usaha terkait penyampaian transparansi anggaran dan realisasi dana dari jajaran dekanat FMIPA UNY, namun masih belum ada kejelasan. Pihak birokrasi pun masih belum tanggap dalam menanggapi kejelasan penetapan UKT mahasiswa.

Terkait arah gerak ini, sejumlah langkah/ tindakan diusulkan dan diambil untuk menangani isu-isu tersebut:

  • Kumpulkan data riil yang kemungkinan dapat memperkuat data kajian berupa survei langsung kepada mahasiswa terkait fasilitas dan tarif layanan di FMIPA UNY.
  • Pengawalan terhadap proses realisasi peningkatan fasilitas, baik jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang.
  • Pastikan tarif layanan di FMIPA UNY tidak ada penambahan atau kenaikan yang signifikan pada tahun 2024.
  • Tindak lanjuti penggunaan fasilitas ormawa FMIPA UNY yang belum terklarifikasi

Selengkapnya dapat diakses pada https://bit.ly/NotulensiKonsolidasi3