Video berdurasi kurang lebih dua menit yang berisikan kesan pesan tentor dan siswa RBM itu resmi menutup program RBM#1 2021 pada hari Senin (14/6). Walaupun dilaksanakan melalui WhatsApp group, penutupan RBM ini tak berkurang kekhidmatannya.

RBM (Relawan Belajar MIPA) merupakan program yang diinisiasi oleh departemen pengabdian masyarakat BEM FMIPA UNY yang bertujuan untuk membantu siswa/i SD hingga SMA sederajat yang mengalami kesulitan belajar selama masa pandemi melalui pengadaan konsultasi mengenai tugas atau materi yang kurang dipahami via Whatsapp. Untuk mata pelajaran yang ditawarkan yaitu ada Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, IPA, dan Bahasa Inggris.

RBM#1 2021 kali ini dilaksanakan selama kurang lebih dua bulan dari bulan April-Juni awal dan telah menjangkau partisipasi sebanyak 37 tentor yang merupakan mahasiswa aktif FMIPA UNY dan 164 siswa dari berbagai daerah di Indonesia.

Banyak siswa yang mengaku terbantu dengan adanya program RBM#1 2021 kali ini. “Alhamdulillah bersyukur banget bisa berkesempatan ikut program RBM ini. Yang tadinya gak paham sama pelajaran sama sekali, finally, bisa ngerti konsep materi dengan jelas. Kakak tentornya juga baik-baik banget, mereka itu ramah, fast respon, dan dengan senang hati selalu menjawab pertanyaan kita. Sukses selalu kak, semoga dilancarkan kuliahnya!” Ucap Hilwa, salah satu siswa RBM.

Kendati demikian, program RBM ini sesungguhnya masih jauh dari kata sempurna, sehingga BEM FMIPA UNY masih akan terus melakukan evaluasi agar
RBM selanjutnya lebih baik dari sebelumnya, terutama dalam pengembangan kualitas konsultasi siswa terhadap tentor.