Departemen Penalaran dan Lingkungan BEM FMIPA UNY menyelenggarakan kegiatan follow up dari acara Science Talk #3 yaitu Gerakan Menanam Pohon pada hari Minggu, 28 November 2021. Science Talk #3 diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pohon Internasional dan Hari Menanam Pohon Nasional. Peserta yang hadir dari berbagai kalangan masyarakat, mulai dari mahasiswa, hingga masyarakat umum. Selain itu, acara ini diselenggarakan sebagai wadah yang ditunjukan sebagai sarana edukasi dan ajakan Mahasiswa FMIPA UNY dan masyarakat umum mengenai pentingnya meningkatkan kesadaran dalam Menanam pohon. Acara ini diawali dengan sambutan-sambutan, dimulai dari ketua panitia, Wakil BEM FMIPA UNY 2021, Ibu Carik Kalitirto dan Bapak Dukuh Tanjungtirto. Kegiatan Gerakan Menanam Pohon Science Talk #3 ini dihadiri oleh kurang lebih 70 peserta secara offline yang diadakan di Pesiraman Opak Tanjungtirto, Tanjung, Kalitirto, Kec. Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mulai pukul 08.00 WIB sampai 11.00 WIB.

Science Talk #3 kali ini mengusung tema “Let’s Plant a Tree Today, to Get Million Benefits One Day!”. Dalam sambutan Ketua Panitia Science Talk #3, Saudari Razita F Amiza, menyampaikan alasan mengangkat tema kali ini adalah kurangnya kesadaran masyarakat dalam menanam pohon dan sarana edukasi serta ajakan kepada masyarakat untuk menanam pohon hari ini, karena hal tersebut akan memberikan sejuta manfaat di kemudian hari. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan juga dapat meningkatkan kesadaran serta kepedulian akan pentingnya keberadaan pohon di sekitar kita. Acara selanjutnya sambutan dari Ibu Carik Kalitirto, dimana dalam sambutannya beliau mengatakan pentingnya penanaman pohon dan mengajak mahasiswa dan masyarakat sekitar, dalam menjaga keseimbangan ekologis, meningkatkan mutu kualitas lingkungan dalam hal mitigasi bencana alam diantaranya banjir. Selanjutnya agenda penyerahan bibit pohon Ibu Carik Kalitirto dan Dukuh Tanjungtirto (secara simbolis) dan diteruskan dengan acara penanaman pohon penghijauan dari jenis pucuk merah sebagai penanda dimulainya acara penanaman pohon. 

Setelah diadakan penanda dimulai acara dilakukanlah briefing penanaman pohon oleh Pak Yuswono selaku Ketua Tim Pengelola Pesiraman Opak Tanjungtirto. Selanjutnya diadakan Gerakan Menanam Pohon Bersama di area Pesiraman Opak Tanjungtirto. Bibit pohon yang ditanam di antaranya terdapat Sirsak, Borneo, Pucuk Merah, Mahoni, Sengon, dan Vetiver. Peserta sangat antusias mengikuti Gerakan Menanam Pohon ini, karena peserta jadi lebih tahu bagaimana cara menanam pohon yang baik dan benar , serta jadi lebih tahu tentang pohon-pohon yang ditanam.