Tahukah kamu??

Akhir-akhir ini, kondisi keanekaragaman hayati Indonesia sangat memprihatinkan.Kekayaan flora dan fauna dari hari kehari mengalami penurunan.

Banyak faktor yang menyebabkan penurunan kekayaan flora dan fauna Indonesia. Faktor utama penyebab penurunan keanekaragaman hayati adalah perusakan habitat dan perburuan liar.

Berdasarkan data WWF tahun 2004, jumlah populasi harimau  Sumatera di alam bebas hanya sekitar 400 ekor saja, yang mengakibatkan harimau Sumatera digolongkan sebagai hewan langka yang terancam punah.

Sebagai puncak rantai makanan, harimau Sumatera mempertahankan populasi mangsa liar yang ada di bawah pengendaliannya, sehingga keseimbangan antara mangsa dan vegetasi yang dimakan dapat terjaga.

Ancaman nyata harimau Sumatra adalah hilangnya habitat akibat tingginya laju deforestasi dan terancam oleh perdagangan liar, dimana bagian-bagian tubuh harimau diperjual belikan dengan harga tinggi di pasar gelap untuk obat-obtan tradisional, perhiasan, jimat, dan dekorasi.

Laporan tahun 2008 yang dikeluarkan oleh TRAFFIC (program kerjasama  WWF dan lembaga Konservasi Dunia, IUCN, untuk monitoring perdagangan satwa liar) menemukan adanya pasar liar yang berkembang subur menjadi pasar domestik terbuka di Sumatera yang memperdagangkan bagoan-bagian tubuh harimau.

Dalam studi tersebut TRAFFIC mengungkapkan bahwa paling sedikit 50 harimau Sumatera telah diburu setiap tahunnya dalam kurun waktu 1998-2002.

Mau tidak mau, di hari dimana smartphone menjadi benda yang wajib dibawa kemana-mana dan segala macam informasi dapat beredar dari mana saja, kita harus berlomba dengan kepunahan. Demi kelestarian dan demi masa depan anak cucu kita.

Marilah kita merenung, bumi dan alam semesta ini hanyalah titipan dari generasi setelah kita. Jangan biarkan kelak dikemudian hari, mereka menyalahkan kita atas kelalaian kita dalam menjaga bumi dan isinya.
Di hari cinta puspa satwa nasional ini yang biasanya diperingati di tanggal 5 November, marilah mulai berlomba dengan kepunahan dan pastikan kita yang memenangkannya!

🔴HON_GSPL_01

#GERIMIS_BERITA
#BEM_FMIPA_UNY
#MIPA_BERSAHABAT
#DEPARTEMEN_SOSIAL_POLITIK
#GASPOLL
28

Sumber Gambar :

Kosasih, Danny.2017. Indonesia Tidak Memiliki Data Pasti Keanekaragaman Hayati Laut.Diakses di http://www.greeners.co/berita/indonesia-tidak-memiliki-data-pasti-keanekaragaman-hayati-laut/ . Pada 31 Oktober 2017