FMIPA (13/04) – Akhir pekan lalu, lingkungan laboratorium FMIPA tampak lebih ramai dari biasanya. Terlihat banyak mahasiswa FMIPA yang ramai berkumpul pada hari itu. Akhir pekan inimemang cukup spesial dikarenakan adanya acara Activis Cup. Activis cup adalah acara yang diikuti dan diadakan oleh Ormawa FMIPA berupa berbagai macam perlombaan seperti lomba masak, lomba akustik, lomba tarik tambang dan lomba futsal. Acara ini khusus diadakan oleh BEM FMIPA guna menjalin kebersamaan dan silahturahmi antar ormawa FMIPA.

 

a cup

Activis Cup yang mengusung tema “Menjalin Solidaritas dan Sportivitas Tanpa Batas” diadakan pada hari minggu, 13 April 2014 pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Acara ini dibuka oleh ketua BEM FMIPA UNY 2014, Muhammad Rifky Taufik dan ketua panitia Activis Cup, Muhammad Najib Mubarok.

Activis Cup berlangsung sangat meriah dan hampir semua ormawa ikut berpartisipasi dalam setiap perlombaan. Lomba yang pertama kali dimulai yaitu lomba masak. Setiap ormawa mengirimkan perwakilannya sebanyak 4 orang yang terdiri dari 2 laki-laki dan 2 perempuan. Bahan dasar utama pada lomba masak kali ini adalah tahu. Masakan yang dihasilkan dan cara memasak masing-masing ormawa bebas sesuai dengan kreativitas masing-masing ormawa. Waktu yang diberikan oleh panitia untuk mengolah bahan makanan hingga selesai sebanyak 1,5 jam. Juri lomba masak kali ini sebanyak dua orang yang berasal dari Jurusan Teknik Boga FT UNY. Masakan yang dihasilkan oleh para peserta sangat menggiurkan dan menggugah selera, tetapi hanya ada dua pemenang untuk lomba masak ini. Juara pertama pada lomba masak ini yaitu HIMATIKA dan juara keduanya adalah HIMAKI.

Lomba kemudian dilanjutkan dengan tarik tambang putri. Lomba ini diadakan hampir bersamaan dengan lomba masak, tetapi lomba masak yang terlebih dahulu dimulai dan barulah pada pukul 09.30 WIB lomba tarik tambang dimulai. Lomba ini berlangsung sangat seru dan meriah. Suporter dari masing-masing ormawa sangat bersemangat untuk mendukung ormawanya masing-masing. Pertarungan sengit antar ormawa untuk menjadi juara pun turut membumbui lomba ini. tetapi meskipun pertarungan yang terjadi sangat sengit, setiap ormawa tetap menerima hasil dengan lapang dada tanpa ada permusuhan setelahnya. Ormawa yang bertanding hingga final yaitu HASKA dan HIMA IPA, dan pertandingan ini berakhir dengan kemenangan HIMA IPA.

Selanjutnya ada lomba akustik yang dilaksanakan setelah tarik tambang di depan laboratorium kimia. Pada perlombaan ini, masing-masing ormawa diharuskan untuk mengirimkan perwakilannya, bisa dalam kelompok ataupun individu untuk menyanyikan satu buah lagu didepan para juri dan penonton. Juri pada perlombaan ini berasal dari Jurusan Seni Musik FBS UNY. Para peserta menampilkan keahlian bermusik dengan sangat bagus hingga membuat para juri kesulitan untuk memilih pemenangnya. Dan pemenang pada lomba akustik yaitu SEKRUP sebagai juara pertama dan HIMAFI sebagai juara kedua.

 

Pada pukul 11.00 WIB semua acara di lab FMIPA telah selesai. Acara kemudian dilanjutkan di Telaga 3 untuk pertandingan terakhir yaitu Futsal putra. Pertandingan futsal berlangsung sangat seru dan menegangkan. Semua pengurus ormawa ikut menyaksikan pertandingan ini, sekaligus memberikan dorongan dan semangat kepada para peserta. Pertandingan berlangsung sama sengitnya seperti pertandingan tarik tambang. Meskipun berlangsung sengit, tetapi semua peserta tetap bermain sportif dan jujur. Dua ormawa yang masuk ke babak final pada pertandigan futsal yaitu HIMAFI dan BEM FMIPA. Pertandingan terakhir ini berlangsung sangat sengit dan menegangkan. Namun akhirnya HIMAFI pun dapat ditaklukkan oleh BEM FMIPA dengan skor 7-3.

 

Acara hari ini ditutup dengan kemenangan HIMAFI sebagai juara umum. Activis Cup berlangsung dengan sangat meriah dan benar-benar meningkatkan rasa solidaritas antar ormawa. Sangat diharapkan bahwa acara ini dapat terus dilaksanakan ditahun-tahun yang akan datang.

 

Irahayu Shinta

Diedit oleh Opi Mawarsari