Pada hari Jumat, 21 Maret 2014 lalu, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam melaksanakan seleksi Tahap 1 ONMIPA. ONMIPA ini menyeleksi sejumlah  mahasiswa dari berbagai prodi di FMIPA. Setelah melalui proses penilaian, terpilih 7 wakil mahasiswa tiap bidang.

Dari bidang Matematika terpilih Dwi Lestari, Ikfan, Yunus Arifin, Umi Arismawati, Atika Izzatul Jannah, Hildegardis Mulu, dan Intrada Reviladi. Sementara dari bidang Kimia terpilih Yuri Melantika Azizah, Demas Aji, Dewi Masithoh, Danish Oktaviana, Erika Rahmawati, Putranto Setyawan, dan Miftah Nurrokhimah.Untuk bidang Biologi terpilih 6 mahasiswi dan 1 mahasiswa yaitu Nurdiyah Ika Hidayati, Puspa Hening, Nastia Cahyaning Ahsani, M. Iqbal Perdana , Septiyana Baroroh, Tri Ayunda dan Lailul H. Untuk bidang Fisika terpilih Purwoko Haryadi Santoso, Doni Bowo Nugroho, Merya Wulansari, RM. Mirwan Sabiq, Putri Apriliani, Aziz Ansori Rangkuli dan Riva Fauzi.

Mahasiswa yang telah lolos dalam seleksi tahap 1 ini akan mendapatkan pembinaan untuk mempersiapkan seleksi tahap 2. Pembinaan telah dimulai pada tanggal 1 April 2014.Setiap  kelompok mahasiswa tiap bidang akan dibersamai oleh dosen pengampu. Dosen pengampu bidang matematika yaitu Ilham Rizkianto, MSc. Sementara untuk bidang Biologi akan dibersamai oleh Lili Sugiyarto,M.Sc. Untuk bidang Fisika dan Kimia akan dibersamai oleh R. Yosi Aprian Sari, MSc. dan Dini Rohmawati, M.Sc.

Dari 9 prodi di FMIPA, hanya prodi Pendidikan IPA yang tidak ada lolos tahap 1.Hal ini dikarenakan materi yang dilombakan adalah materi spesifik dari tiap bidang, sedangkan mahasiswa Pendidikan IPA hanya mempelajari materi IPA secara umum. Harapan ke depannya, mahasiswa prodi Pendidikan IPA dapat meningkatkan persiapan untuk ONMIPA agar lolos ke tahap selanjutnya. Selain itu, untuk semua mahasiswa dari prodi apapun di MIPA bisa memilih bidang yang mereka minati tanpa memandang asal prodinya. Semoga dari 7 wakil tiap bidang tersebut dapat membawa pulang juara untuk mengharumkan nama FMIPA UNY.