FMIPA UNY – Mengawali langkah bersama dalam berkarya, kabinet Gempita (Gema Persatuan menuju MIPA Tauladan) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahauan telah melaksanakan upgrading yang bertepatan pada hari Sabtu (09/02/13) hingga Minggu (10/02/13) di daerah Umbulharjo, Cangkringan.
Tujuan dari upgrading ini adalah meningkatkan kapasitas dan kapabilitas BEM FMIPA UNY 2013 serta  meningkatkan kerjasama, ungkap Zhian Friska, panitia upgrading.
Ada yang berbeda dengan upgrading BEM FMIPA 2013 kali ini. Pasalnya, awal pemberangkatan peserta upgrading berkunjung ke sekretariat BEM FMIPA di beberapa universitas di Yogyakarta, diantaranya UGM, UII, UIN, UAD, UNY. Hal ini bertujuan untuk menjalin hubungan antara BEM FMIPA UNY dengan BEM universitas lainnya. Salah satu peserta mengaku bahwa, yang paling berkesan dari kunjungan ini adalah kita bisa saling bertukar pikiran tentang kondisi masing-masing BEM.
Di tengah upgrading yang bertempat di  Yayasan Hizbul Bi’ahKetua BEM KM UNY 2013, Wahyudin Iman Satria, hadir sebagai pemateri pertama. Beliau menjelaskan bagaimana sistem keormawaan yang ada di UNY. Pun, Iman memaparkan secara jelas kondisi hubungan birokrasi dan BEM saat ini. Beliau berharap kerjasama dari BEM FMIPA UNY untuk turut serta bersinergi membangun BEM KM UNY menjadi lebih baik.
Materi selanjutnya disampaikan oleh Diar Rosdayana  terkait paradigma pergerakan kampus. Selepas sholat Ashar, materi ketiga dilanjutkan oleh alumnus BEM FMIPA UGM, Aza el Munadiyan tentang pergerakan mahasiswa.
Malam harinya, Kabinet GEMPITA yang memiliki jargon “Semangat Bersatu_Berjuang Bersama” ini, melaksanakan rapat kerja dengan membahas program kerja selama satu periode kepengurusan yang dipimpin langsung oleh Gusnanandar Yoga Utama dan Muhammad Aziz, sebagai ketua dan wakil ketua BEM FMIPA UNY 2013.
Hari kedua upgrading, tepatnya tanggal 10 Februari 2013, diadakan outbond. “Outbondnya seru. Ya…, kalau bisa setiap peserta dapat mengambil hikmahnya dari permainan yang ada, dari perjalanan yang dilewati dan dari kebersamaan kelompok yang saling berkontribusi untuk selalu kompak dalam hal apapun, meski dalam satu sesi  game dipisah, kita harus tetap sportif dan kooperatif,” ungkap Cucu Ratnasih, Staff Penalaran BEM FMIPA 2013.
Acara diakhiri sekitar pukul 13.00 WIB, dengan acara tukar kado antar pengurus BEM FMIPA UNY 2013. “Dan sekali lagi cinta menyatukan hati-hati ini. Tentang perjalanan, tentang pencarian, tentang kesamaan dalam perbedaan. Dan tentang syukur bisa bersama pengurus BEM FMIPA 2013,” pengakuan akhir Sekjend BEM FMIPA 2013, Mohamad Aziz Ali tentang UG BEM kali ini.
Dalam wawancara dengan salah satu peserta upgrading  yang sekaligus sebagai staff Inspirator MIPA, Tito Wahyu Purnomo, berharap “upgrading bisa dijadikan sebagai momentum untuk menyatukan BEM FMIPA, bisa solid..,”
Semangat Bersatu,
 Berjuang Bersama
1 = Sama
_KOMINFO BEM FMIPA UNY 2013_