Akankah investor asing yang lebih diutamakan ataukah nasib rakyat kecil dan alam ini? Apakah hanya rakyat kendeng yang menanggung nestapa ini? Dimanakah Indonesia?
Jakarta – Polemik keberadaan pabrik PT Semen Indonesia di pegunungan Kendeng, Rembang, Jawa Tengah, masih terus berlanjut. Para petani masih memprotes hal ini dengan aksi cor kaki di depan Istana Negara.
Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (25/3/2017), kawasan pabrik PT Semen Indonesia di Rembang sudah siap 100 persen beroperasi dan berproduksi. Pabrik ini berada di kawasan area tambang seluas 519 hektare.
Rencananya, pabrik PT Semen Indonesia akan diresmikan pada April 2017 mendatang. Namun, keputusan beroperasi atau tidaknya tergantung hasil Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) pegunungan Kendeng yang diketahui beberapa pekan ke depan.
Berlarut-larutnya persoalan pabrik semen Rembang milik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk hanya bisa diakhiri jika pemerintah secara tegas berpatokan kepada hukum yang berlaku. Sebab selain soal lingkungan, pengoperasian pabrik ini juga berkaitan dengan investasi.
Ketua Kebijakan Publik Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) ‎Danang Girindrawardana, menilai lembaga yudikatif seperti Mahkamah Agung (MA) belum sepenuhnya mendukung kebijakan Presiden Jokowi dalam menggenjot investasi. Akibatnya, Apindo mencatat 25 persen investor asing di bidang infrastruktur menahan diri untuk berinvestasi di Indonesia akibat permasalahan ini.
Solusi penyelesaian semen Rembang, menurut Praktisi Hukum M Mahendradatta dengan melakukan win-win solution antara Semen Indonesia dan warga.

“Pastikan wilayah pertambangan benar-benar tidak merusak lingkungan, sehingga tidak ada yang dikalahkan. Serta para penolak harus menghindari prinsip pokoke,” tandas dia.
Sementara itu di berbagai daerah para aktivis mahasiwa maupun aktivis kemasyarakatan terus menggelar asksi solidaritas seperti aksi ratusan mahasiswa se-Solo Raya di Bundaran Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, kemudian di Lumajang Jawa Timur, dan masih banyak lagi.
Penguasa dunia datang dan pergi silih berganti tiap saat, tapi perjuangan mahasiswa tidak akan pernah padam. Hidup Mahasiswa! Hidup Rakyat!

Sumber :
http://tv.liputan6.com/read/2898664/video-nestapa-petani-kendeng-menolak-pabrik-semen
http://tv.liputan6.com/read/2898630/segmen-2-menolak-pabrik-semen-hingga-pencurian-berkas-mk
http://tv.liputan6.com/read/2898538/segmen-3-cor-kaki-berlanjut-hingga-izin-pabrik-semen
http://bisnis.liputan6.com/read/2895822/apindo-masalah-pabrik-semen-rembang-hambat-investasi
http://jatim.tribunnews.com/2017/03/27/dukung-petani-kendeng-mahasiswa-ub-kami-ini-makan-nasi-bukan-makan-semen