IMG-20140606-WA0002Haru Biru, nama yang cukup asing di telinga para mahasiswa FMIPA UNY. Nama yang bahkan hanya para punggawanya, para peserta dan beberapa orang pada saat kompetisi futsal DECONOMICS CUP 2014 saja yang mengenali nama itu. Haru Biru adalah nama tim futsal pertama yang terbentuk secara resmi selama FMIPA UNY berdiri. Nama Haru Biru mulai dikenal setelah tim futsal ini memenangkan juara II pada event DECONOMICS CUP 2014 yang diselenggarakan oleh D3 Ekonomi UGM.

Anugerah, yah kata itu yang mungkin tepat diberikan kepada tim Futsal FMIPA UNY yang berisikan 9 orang pemain dan 1 orang official, bahkan salah satu punggawanya mengatakan, “ini ibarat mukjizat yang tak terduga bagi kami, Alhamdulillah”, hal tersebut dikarenakan tim ini baru saja dibentuk dan baru pertama kali mengikuti kompetisi futsal akan tetapi sudah menuai prestasi yang cukup baik dengan menjadi finalis di event DECONOMICS CUP 2014 yang kali ini diikuti oleh 32 tim dari berbagai jurusan yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hari Sabtu dan Minggu tepatnya tanggal 24 – 25 Mei 2014 merupakan hari – hari yang tidak mungkin dilupakan oleh para punggawa Haru Biru karena dua hari tersebut adalah hari dimana DECONOMICS CUP 2014 dilaksanakan. Pertandingan futsal ini dilaksanakan di Galaxy Futsal yang lokasinya berada di Jl Wonosari Banguntapan Yogayakarta. Sekitar pukul 08.30 lagu Indonesia Raya tergemakan dilapangan tersebut dengan sangat keras menandakan DECONOMISC CUP 2014 telah dimulai, dilanjutkan dengan doa bersama dan sambutan dari ketua panitia sekaligus membuka acara tersebut. Dengan dibukanya acara tersbeut, maka para perwakilan dari masing- masing tim mulai berjabatan tangan serta beberapa panitia yang mengikuti pembukaan tersebut. Kick off pertama dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB.

Pertandingan Haru Biru pertama dilaksanakan pukul 11.30 dan yang menjadi lawan ketika itu adalah perwakilan dari Jurusan Ekonomi UII. Haru Biru dapat mengalahkan tim tersebut dengan skor 4-0 dan dengan kemenanngan ini Tim Haru Biru dapat melangkah ke- 16 besar. Angka “4” memang angka yang selalu mengikuti Tim Haru Biru dimana skor akhir di setiap pertandingan selalu berakhir di angka 4. Pada pertandingan 16 besar, Haru Biru memenangkan pertandingan dengan skor 4-2. Pada pertandingan ketiga Haru Biru mendapatkan lawan yang cukup kuat yakni tim perwakilan dari FISIPOL UGM dimana skor akhir 4-4 dan harus diteruskan dengan adu pinalti. Lagi-lagi Dewi Fortuna sedang nyaman berkubu pada Haru Biru dimana Haru Biru dapat memenangi pertandingan tersebut dan berhak masuk semifinal. Pada pertandingan semifinal yang menjadi lawan Haru Biru adalah perwakilan dari FT UNY. Para punggawa Haru Biru dapat menjebol gawang FT UNY sebanyak 4 kali dan hasil tersebut menuntun Haru Biru ke babak Final event tersebut.

Final putra DECONOMISC CUP 2014 dilaksanakan pukul 14.00 WIB dan yang menjadi Lawan Haru Biru ketika itu adalah perwakilan dari Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta. Gemuruh suara masing-masing supporter menghiasi pertandingan final. Sejak kick off, masing- masing tim sudah mulai jual beli serangan. Serangan sengit dari masing-masing kubu terus dilancarkan. Pada babak pertama ini, Tim Haru Biru sudah melakukan 4 kali tendangan, namun sayang sekali tendangan tersebut harus membentur mistar gawang. Begitupun dengan Tim FE UII, beberapa kali shoot on goal namun gagal.Pertandingan kali ini berlangsung dengan cukup keras. Terbukti dengan adanya beberapa benturan fisik antar pemain yang berbuah kartu kuning pada sebagian pemain. Babak pertama Haru Biru berhasil unggul dengan skor 2-0. Namun, keadaan berbalik pada babak kedua, dimana Tim perwakilan dari FE UII dapat melesatkan bola ke dalam gawang Haru Biru yang dijaga oleh Rizal Rifai sebanyak 4 kali. Dan skor ini pun bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Dengan hasil ini, maka Tim Haru Biru harus ikhlas pulang dengan predikat Juara II pada event tersebut dan mendapatkan Trophy Walikota serta uang tunai sebesar 1.250.000,00 sebagai hadiahnya.

Mohamad Fajar Hariadi

Kepala Biro Hubungan dan Informasi