disil

Diskusi Ilmiah yang diadakan oleh BEM FMIPA UNY ini berupa pelatihan pembuatan jurnal untuk mahasiswa (khususnya mahasiswa FMIPA UNY) dengan mengusung tema “Pelatihan Jurnal Mahasiswa: Esensial Namun Terabaikan”. Diskusi Ilmiah ini  bertujuan untuk memberikan informasi mengenai sistematika penulisan jurnal, meningkatkan motivasi dan memberikan pengalaman penulisan jurnal. Acara tersebut dilaksanakan di Ruang D03.105 FMIPA UNY. Pelatihan Jurnal ini dibersamai oleh dua pembicara yaitu Jaslin Ikhsan, Drs., M.App.Sc., Ph.D. sebagai pembicara I dan Janu Arlinwibowo, S. Si. Sebagai pembicara II. Pelatihan Jurnal yang dipandu oleh moderator Muhammad Rifky Taufik ini dimulai  pukul 08.30.

Materi pertama oleh Jaslin Ikhsan, Drs., M.App.Sc., Ph.D. menyampaikan informasi mengenai sistematika penulisan jurnal. Sistematika penulisan jurnal ini berbeda-beda mengikuti aturan yang akan diacu. Beliau menyampaikan beberapa sistematika penulisan jurnal. Sistematika penulisan Jurnal terdiri dari:

1. Judul, harus memiliki judul yang jelas yang mencerminkan isi secara mantap/pas, jumlah kata 12-15 kata.

2. Abstrak, berfungsi untuk mencerna secara singkat. Bagian abstrak harus menyajikan sekitar 250 kata yang merangkum tujuan, metode, hasil dan kesimpulan.

3. Pendahuluan, yang memberikan informasi kepada pembaca untuk memahami tujuan spesifikasi kita dalam kerangka teoritis yang lebih besar.

4. Bahan dan metode, menjelaskan ketika percobaan telah dilakukan. Peneliti menjelaskan desain percobaan, peralatan, metode pengumpulan data, dan jenis pengendalian.

5. Hasil, menyajikan data yang ringkas dengan tinjauan menggunakn teks naratif, tabel, atau gambar.

6. Pembahasan, menafsirkan data dengan pola yang diamati, disertakan penjelasan yang berbeda dari hipotesis atau hasil yang berbeda atau serupa dengan setiap percobaan terkait dilakukan oleh peneliti lain.

7. Kesimpulan

8. Daftar Pustaka

Beliau juga memberikadisiln penjelasan bagaimana alur jurnal agar bisa di-publish. Jurnal yang akan di-publish harus sesuai dengan aturan. Semua jurnal yang terakreditasi pasti ada di web. Jurnal yang sudah di-publish tidak boleh di-publish ditempat lain walaupun itu punya sendiri. Saat ini belum ada forum penulisan jurnal, oleh karena itu buatlah jurnal dengan merekrut dosen untuk menjadi pembimbing atau editor dari jurnal.

Materi kedua oleh Janu Arlinwibowo, S. Si. menyampaikan beberapa motivasi dan pengalaman beliau dalam menulis jurnal. Beliau menyampaikan tentang kerugian mahasiswa sekarang antara lain tugas akhir hanya sebagai syarat, tidak ada kelanjutan dari produk dari tugas akhirnya karena tidak dipikir sedini dan sebaik mungkin sehingga hanya nantinya tidak menghasilkan apa-apa. Yang harus dilakukan mulai sekarang yaitu kita harus segera mencari peluang dan dan berkarya, menimba ilmu kepada orang-orang yang berpengalaman, dan mencoba mendapatkan apresiasi beberapa penghargaan.

Beliau juga menyampaikan pengalaman-pengalaman beliau ketika mengikuti dan memenangkan lomba diberbagai kompetisi baik nasional maupun internasional, salah satunya di Malaysia mendapatkan medali pera di tahun 2012 pada kompetisi International Engineering Innovator and Invention Exhbition (i-ENVEX) Pinang, Malaysia.

Pembahasan dari kedua pembicara diakhiri dengan diskusi secara panel pada masing-masing pembicara, beberapa peserta aktif bertanya. Fokus itu kebutuhan, satu tapi pasti. Semoga bermanfaat, semoga sukses. ^^

Departemen Kajian dan Riset

BEM FMIPA UNY 2014